By Soemarsono

Summer NABC 2017-The Spingold Knockout Teams yang diselenggarakan di Toronto-Canada sejak tanggal 23 Juli 2017 telah berakhir pada tanggal 30 Juli 2017 malam waktu setempat.

Team Diamond yang hanya beranggotakan 4 pemain, yaitu pasangan Amerika John Diamond-Brian Platnick dan pasangan Norwegia Boye Brogeland-Espen Lindqvist merebut Mahkota Juara setelah mengkandaskan Team dari daratan Italia, Lavazza, yang materi pemainnya tentu tidak asing lagi bagi kita, yaitu Giorgio Duboin; Norberto Bocchi; Agustin Madala; Antonio Sementa; Alejandro Bianchedi; dan Dennis Bilde. Team Lavazza ini dapat dikatakan sebagai representasi dari Team Nasional Italia, hanya Dennis Bilde saja yang datang dari Denmark, pemain muda penuh bakat berusia 28 tahun.

Pada segment 1 dari 4 segment Babak Final yang memainkan 4×15 papan, Team Diamond tampak perkasa, karena baru memainkan 4 papan pertama mereka telah unggul 25-0, namun setelah 4 papan tersebut dimainkan, skor dikunci oleh Team Lavazza, sehingga Team Lavazza menutup manis Segment 1 dgn keunggulan 37-29 atas Team Diamond. Di Segment 2, giliran Team Lavazza yang dibungkam oleh Team Diamond dengan skor 16-36, sehingga di akhir Segment 2, secara agregate Team Diamond mengambil alih keunggulan menjadi 65-53. Namun sebuah drama terjadi di Segment 3, Lavazza menghajar habis Team Diamond dgn skor 56-3, lantaran Boye Brogeland tampak terkesan kelelahan, tingkat emosinya berubah. Pada akhir Segment 3 ini, Team Lavazza mengambil alih untuk memimpin dengan skor 109-68. Dalam sebuah turnamen besar yang rata-rata pemainnya memiliki kepiawaian dan strategi yang setara, sulit rasanya bagi Team Diamond untuk dapat  mengejar ketertinggalannya 41 IMP atas Team Tangguh Dunia, Lavazza. Namun karena unsur Game yg dominan pada salah satu jenis Mind Sport Game ini, segala sesuatu dapat terjadi, karena Kartu itu Persegi. Team Diamond bak Team Der Panzer-Jerman asuhan Der Kaiser, Franz Beckenbauer, yang terus merangsek sebelum wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Pada segment terakhir, Team Diamond mencukur Team Lavazza 53-7, sehingga secara agregate Team Diamond menutup Babak Final Summer NABC 2017 dengan keunggulan121-116, hanya selisih 5 International Match Point (IMP) setelah memainkan 60 papan, betul-betul merupakan perjuangan yang melelahkan bagi kedua Team. Team Lavazza kembali berkata:”Ci vediamo a San Diego, torneremo subito” (Fall NABC 2017- The Reisinger, San Diago CA…red).

Berikut ini salah satu papan blunder Team Diamond yang membuatnya dihajar oleh Team Lavazza di Segment 3:

 

Duboin lead ♥A, Bilde discard ♦5, ganjil agak besar, show ada penangkap di ♦ (Roman Lavinthal). Setelah itu switch ke ♠Q, dan Bilde follow ♠8 (high) tanda setuju/encourage krn ada angka 10. Setelah Platnick menang ♠A, draw trump ♥ yg di-duck oleh Duboin, dan Bilde kembali discard ♦3, artinya ♦5 tadi betul2 signal penangkap ♦. Platnick meneruskan ♥ yg dimenangkan oleh Duboin ♥K dan serang ♣K, shgg 4♥ hanya one down, minus 50 bagi Team Diamond. Nah bgmn di meja sebelah?

3NT variant dari Namyats, ♥ or ♠, double dari Brogeland awal dari blunder, 4♥ adalah Pass or Correct 4♠, dan Lindqvist menuai badai, 5♦x mati 4 dlm bahaya, minus 1100 bagi Team Diamond, 15 imp bagi Lavazza tanpa berkeringat.

Bocchi lead ♣A, Sementa follow ♣10, signal Encourage, namun krn ♣KQ di dummy, maka 10 ini signal prioritas kedua, yaitu show penangkap di ♠, Bocchi mainkan ♠A dan lanjut ♠ small ke ♠K di Sementa, lalu Sementa kirim ♣ utk ruff di Bocchi. Team Diamond menangis sejenak, pertempuran masih akan berlanjut.

Setelah South Pass, pemain Team Diamond, John Diamond membuka penawaran Precision, 1♦= 10-15 hcp, 2+ cards ♦. Dennis Bilde bid 4♥ dan Brian Platnick melakukan Take Out Double krn memegang 4 cards ♠. John Diamond rebid 4NT show Two Minors dan ditutup 5♦ oleh Platnick. Bilde lead ♥A,  lalu switch ♠7 utk kemenangan Q di tangan Platnick, dilanjut memainkan ♣ ke Q, finesse K, dan mainkan small ♦ dari dummy ke A, 11 tricks, plus 600 bagi Team Diamond, secara agregate menjadi plus 400 atau 9 imp.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *